07/05/11

Tahapan Multiple Ekspose

Di bawah ini proses penggabungannya dengan menggunakan software foto editor Photoshop :
- Pilih foto-foto yang akan digabungkan dan buka dengan Photoshop.
- Tentukan satu buah foto sebagai foto utama. Langkah ini perlu dilakukan karena foto utama akan menjadi background dan sekaligus foreground dari foto-foto yang akan kita gabungkan.
- Lakukan duplikat foto atau layer dari foto utama yang secara default dalam Photoshop biasanya bernama Background dan hasil duplikatnya bernama Background Copy. Layer ini yang akan menjadi foreground dari seluruh foto yang akan digabungkan. Caranya : Klik kanan pada layer Background, setelah muncul menu pilihan, pilih Duplicate Layer
duplikatlayer
- Drag seluruh foto yang akan kita gabungkan ke dalam layer foto utama kita. Letakkan foto-foto tersebut diantara Background Copy dan Background.
dragdrop
- Klik kanan pada nama layer untuk memunculkan Menu Blending Option.
- Setelah muncul Blending Option Window. Atur Opacity masing-masing foto dengan nilai antara 20-50 % bergantung pada tingkat transparansi yang kita inginkan dan usahakan senada antara satu foto dengan yang lain. Proses ini di awali dari posisi teratas di susunan Layer Window yakni Background Copy sampai foto/layer terakhir, kecuali foto/layer Background.
BO
- Atur foto-foto tersebut dengan komposisi semenarik mungkin. Dengan menu drag atau juga dengan menggunakan tombol panah. Jika Anda awam dengan penggunaan layer dalam Photoshop. Untuk menggeser foto, klik pada layer yang akan dipindahkan, baru gunakan menu drag ataupun tombol panah.
- Lakukan juga proses editing seperlunya pada tiap foto-foto pendukung kecuali foto Utama dan Copy-nya, seperti melakukan cropping (memotong foto), menghapus sebagian besar bacgkground yang tidak diperlukan pada foto-foto pendukung.
edit foto
- Pada tahapan di atas untuk lebih mudahnya sembunyikan layer-layer yang tidak diperlukan pada saat melakukan proses editing dengan cara mengklik ikon mata pada tiap layer yang tidak diperlukan. Setelah selesai melakukan cropping dan menghapus background munculkan gambar-gambar yang lain
- Selanjutnya saya melakukan cropping lagi untuk menentukan hasil akhir tampilan foto seperti yang saya kehendaki. Anda bisa membiarkan foto tampil utuh tanpa proses cropping, dan keputusan tersebut sepenuhnya bergantung pada selera anda.
Cropfinal
- Selanjutnya saya memanfaatkan menu Flatten Image di Toolbar : Layer — > Flatten Image. Menu Flatten Image digunakan untuk menggabungkan seluruh layer Anda kerjakan tadi hanya menjadi 1 layer saja.
- Langkah di atas saya lakukan untuk mempermudah proses editing terakhir yang saya lakukan yakni mengatur tingkat kecerahan dan kontras foto. Anda bisa mengatur tingkat kecerahan foto secara manual dengan menggunakan menu Curves atau Brightness/Contrast di Toolbar : Image — > Adjustment — > Curves atau Brightness/Contrast.
- Langkah terakhir simpan hasil kerja anda dalam file asli Photoshop yang menggunakan format PSD atau simpan dalam format file JPEG/jpg yang lebih umum, sepenuhnya terserah anda. Selamat mencoba….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar