07/05/11

Cara Mudah Menghapus Background Foto

Foto Hasil Edit
Dari jaman dulu sampai sekarang, seorang fotografer kadang perlu melakukan proses editing untuk menghasilkan foto-foto agar sesuai dengan yang diharapkan.
Pada jaman kamera film, proses editing biasanya dilakukan saat proses di kamar gelap. Nah, di era digital ini, seorang fotografer hanya perlu sebuah software foto editor yang berjalan di PC ataupun Laptop sebagai kamar gelapnya. Sekarang ini, banyak software foto editor yang ditawarkan kepada fotografer. Anda bisa memilihnya sesuai kemampuan kantong dan pengetahuan Anda.
Dalam tulisan ini, saya menggunakan software foto editor Photoshop CS2 produk Adobe untuk mengedit karya-karya saya.
Jika kita pernah mengenyam pendidikan dasar fotografi. Salah satu kiat yang dianjurkan untuk menghasilkan foto agar lebih menarik adalah pemilihan latar belakang yang sederhana. Pandangan ini berasumsi, obyek foto yang kita bidik semakin menonjol dengan memilih latar belakang yang simple dan tidak menganggu obyek foto kita.
Pada prakteknya, kadang kita tidak bisa memilih latar belakang foto seperti yang dianjurkan karena beberapa alasan. Seperti contoh foto yang saya gunakan dalam tulisan ini.
Foto Sebelum Edit
Karena konsep awalnya menggandakan obyek dengan menggunakan pantulan cermin, maka latar belakang kap lampu yang cukup mengganggu masuk dalam foto dan tidak bisa dihindarkan. Saya tidak bisa menyingkirkan kap lampu yang di pasang secara permanen tersebut.
Untuk menghilangkan kap lampu sebagai obyek yang tidak diinginkan dari foto dalam proses editing di Photoshop. Saya menggunakan trik sederhana dengan menggunakan kontras tinggi. Langkah ini dilakukan untuk mempermudah menghapus obyek yang ingin saya singkirkan dari latar belakang foto saya.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
- Buka foto yang akan di edit di Photoshop
- Klik tombol Image –> Adjustments –> Brightness/Contrast pada Toolbar yang terletak di bagian atas menu Photoshop
Menu Brightness/Contrast pada Toolbar
- Atur Brightness maupun Contrast sesuai yang diinginkan sehingga background nantinya dengan mudah bisa di hapus.
- Pilih Healing Brush pada ToolBox Photoshop yang secara default biasanya terletak di sebelah kiri.
Menu Healing Brush
- Merubah setting default Healing Brush dari Mode Normal ke Mode Replace, yang terletak di Toolbar.
- Arahkan Cursor Anda ke salah satu bagian background foto yang senada dan akan menggantikan obyek yang akan Anda hapus sebagai sample. Tekan tombol Alt + Klik secara bersamaan untuk mengeksekusi bahwa bagian tersebut diambil sebagai sample. Lalu gerakkan cursor pada bagian foto yang ingin Anda hapus.
Anda bisa melihat hasil akhirnya seperti pada foto paling atas pada tulisan ini…
Foto 1 Foto 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar