25/04/12

Payudara Dan Lingkar Dada Perempuan

Memilih Bra Yang Sesuai Dengan Ukuran Payudara

Salah satu hal yang penting dalam merawat kesehatan dan keindahan payudara adalah dengan memakai bra yang sesuai dengan payudara kita. Bra atau biasa disebut BH (breast holder) sangat penting perannya dalam menyokong payudara kita, sebab gaya gravitasi bumi akan menarik beban ke bawah dan bisa membuat payudara kita menurun dan kendur. Jadi, besar ataupun kecil, payudara tetap memerlukan sokongan dari bra. Bra yang baik harusnya lembut dan sesuai ukuran dan bentuk payudara, menopang payudara secara nyaman, memperbaiki postur, dan mengurangi ketidaknyamanan beban payudara, terutama pada perempuan berpayudara besar.
Bentuk bra mengikuti lekuk payudara dan lingkar dada perempuan dengan berbagai ukurannya. bak dalam ukuran lingkar dada maupun mangkuk (cup). Penting bagi kita untuk menggunakan bra sesuai dengan ukuran payudara kita. Diketahui bahwa 8 dari 10 perempuan menggunakan ukuran bra yang tidak sesuai dengan ukuran payudaranya. Kemungkinan hal ini karena kebanyakan dari kita membeli bra dengan mencoba dan mengira-ngira ukuran bra. Padahal sebenarnya kita perlu tahu ukuran bra yang paling sesuai, berdasarkan ukuran lingkar dada dan ukuran cup-nya. Tidak susah kok mengukurnya, kita hanya memerlukan tali pengukur yang biasa digunakan untuk keperluan menjahit. Bila kesulitan mengukurnya, kamu bisa minta bantuan pada orang terdekatmu.
Mengukur lingkar dada. Letakkan kain pengukur tepat melingkari dada di bagian bawah payudara sehingga didapat angka tertentu (dalam satuan inchi). Untuk mendapatkan ukuran lingkar dada tambahkan 5 inchi pada ukuran yang telah didapat.Misalkan pada pengukuran tadi ukuranmu 27 inchi, maka setelah ditambahkan 5 inchi menjadi 32. Berarti, ukuran lingkar dada bra yang sesuai adalah 32. Bila angka yang didapatkan setelah ditambah 5 ternyata ganjil, maka genapkan ke atas karena ukuran lingkar dada tersedia dalam ukuran genap. Misalkan ukuran lingkaran dada bra 33 inchi maka genapkan menjadi 34.

Mengukur cup. Ukuran cup didapat dengan mengukur selisih antara ukuran lingkar dada bra (setelah ditambahkan 5 inchi tadi) dengan lingkar dada terbesar yaitu dengan mengukur lingkar dada paling menonjol dan berdiameter paling besar dari payudara, biasanya sejajar dengan puting. Sesuaikan selisih yang didapat dengan patokan ukuran cup di bawah. Misal lingkar dada bra 32 inchi. dan lingkar dada bagian terbesarmu 34 inchi, maka selisihnya adalah 2 inchi, dan cup yang sesuai adalah cup B.
Selisih kurang dari satu inchi->cup AA
Selisih 1 inchi ->cup A,
Selisih 2 inchi ->cup B,
Selisih 3 inchi ->cup C,
Selisih 4 inchi ->cup D,
Selisih 5 inchi->cup DD
Perlu diingat!
• Ukuran bra tidak selalu sama pada seluruh merek, karena itu meski kita tahu pasti ukuran bra kita, sebaiknya bra dicoba dulu sebelum dibeli untuk memastikan lingkar dada dan cup yang sesuai.
• Bra harus nyaman dan tidak terlalu ketat hingga satu jari dapat diselipkan di lingkar dada bra. Bila cup bra mengkerut berarti ukuran bra terlalu besar, tetapi bila payudara menyembul keluar dari cup berarti bra yang kita gunakan terlalu kecil. Ukuran cup juga tidak selalu sama, misal ukuran cup C pada lingkar 32 lebih kecil dibandingkan ukuran cup C pada lingkar 38.
• Pastikan tali belakang tidak terangkat ke atas ataupun longgar karena tali ini penting dalam menyokong beban payudara.
• Bra sebaiknya tidak dipakai selama lebih dari dua hari berturut-turut atau dua kali di antara pencucian, karena akan mengurangi keelastisan dan kemampuan menyokong Payudara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar